Selasa, 28/02/2017 04:00 WIB

Kesehatan

Jangan Terlalu Banyak Duduk, Ini Resikonya

Penelitian ini adalah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Annals of Internal Medicine pada bulan Januari 2015.

Ilustrasi orang duduk

Jakarta - Orang yang duduk terlalu lama tiap hari mempunyai risiko tinggi terkena diabetes, penyakit jantung, kanker bahkan tidak panjang umur.

" Lebih dari separuh, orang jaman sekarang rata-rata tiap hari terlalu banyak duduk entah itu menonton televisi atau kerja di depan komputer saat di kantor," kata Dr. David Alter peneiti senior dari University Health Network di Toronto.

"Penelitian kami bahkan menemukan orang yang terlalu lama duduk walaupun cukup banyak melakukan aktifitas fisik tetap sangat berisiko terkena penyakit di atas," kata Dr. David.

Penelitian ini adalah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal Annals of Internal Medicine pada bulan Januari 2015. Para peneliti mengumpulkan 47 penelitian sebelumnya terkait antara kebiasaan duduk dengan tingkat kematian. Penelitian menemukan fakta bahwa orang yang duduk terlalu lama 24% lebih berisiko meninggal karena serangan jantung dalam rentang waktu 1 hingga 16 tahun.

Penelitian-penelitian itu sebenarnya tidak menyebutkan berapa lama duduk terlalu lama yang dimaksudkan. Tetapi "Jika duduk lebih dari 8 jam sehari makan sekian banyak risiko yang buruk pada kesehatan sudah pasti akan menimpa Anda," kata Aviroop Biswas, peneliti utama yang menjadi kandidat doktor di University of Toronto.

Penelitian menemukan bahwa duduk yang terlalu lama meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskulat (jantung) hingga 18% dan meningkatkan risiko terkena kanker sebesar 17% selama penelitianitu dilakukan. Duduk yang terlalu lama meningkatkan risiko terkena dua jenis diabetes sebesar 91% dan  meningkatkan risiko terdiagnosa kanker atau gangguan jantung sebesar 13 sampai 14% selama penelitian dilakukan.

Duduk terlalu lama tercatat terkait dengan risiko terkena diagnosa kanker payudara, kanker usus besar, kanker rahim, dan kanker leher rahim. Walaupun melakukan olah fisik tetap saja orang yang terlalu lama duduk hanya sepertiganya yang tidak  terkena risiko penyakit-penyakit tersebut selama penelitian dilakukan,

Penelitian ini terkesan menyeramkan bagi mereka yang kerja kantoran dan duduk terlalu lama. Bagaimana kiatnya agar mengurangi risiko semua itu. "Jika anda sudah merasa terlalu lama duduk, berdirilah. Bergeraklah sebanyak mungkin jika anda bukan orang yang banyak berolahraga," kata Biswas pada LiveScience.

TAGS : Hindari duduk

TERKAIT




TERPOPULER :

TERKINI

Menteri KLH Siapkan Regulasi Anti Kantong Plastik

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar...

Rizieq Shihab Jadi Saksi Ahli, Kapolri Minta Jaga Situasi

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menghimbau kepada ...

Jadi Terbesar ke-4 di Dunia, HPM Siap Tambah Investasi di Indonesia

Penjualan mobil Honda di Indonesia saat ini merupakan yan...

Tersangka Bom Bandung Dikenal Sebagai Pedagang Aksesoris

Yayat memiliki seorang istri yang sampai saat ini tidak d...

Penyuap Bupati Klaten Segera Digiring ke Pengadilan Tipikor

Dengan pelimpahan tahap dua ini, Jaksa KPK memiliki waktu...

PKB Ingatkan Pentingnya Peran Ulama

Halakoh Ulama Rakyat merupakan salah satu kegiatan paling...