Rabu, 21/02/2018 15:57 WIB

Mengapa Orang Cenderung Sok Tahu, Ini Jawabannya

Skenario pertama orang yang diteliiti diminta untuk menilai sejauh mana mereka tahu akan berbagai macam variasi topik yang diberikan kepada mereka.

Ilustrasi

Jakarta - Pada umumnya orang suka banget berlagak tahu. Padahal penelitian membuktikan bahwa orang yang merasa lebih pintar dari orang lain,  cenderung akan mudah terjebak menjadi "sok tahu,". Atau istilah imiahnya `overclaiming,` merasa tahu akan sesuatu hal padahal sebenarnya tidak.

Mengapa orang mudah menjadi sok tahu alasannya bisa berbagai macam. Salah satunya adalah keinginan dalam diri orang untuk bisa mempengaruhi pikiran orang lain. Saat orang merasa dinilai oleh orang lain biasanya dia sedapat mungkin ingin terlihat pintar.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, bulan Juli tahun lalu, peneliti dari Cornell University melakukan uji coba pada kecenderungan orang menjadi `sok tahu` dengan berbagai skenario.

Skenario pertama orang yang diteliiti diminta untuk menilai sejauh mana mereka tahu akan berbagai macam variasi topik yang diberikan kepada mereka. Skenario kedua orang diminta untuk menilai sejauh mana dia mengetahui setiap tema dari 15 topik yang diberikan. Dalam eksperimen yang kedua 3 tema yang diberikan adalah tema yang ngawur. Hasilnya orang yang merasa tahu banyak atas tiap tema yang diberikan tenyata cenderung membenarkan tema-tema yang ngawur.

Skenario ketiga peserta tambahan diberikan tes yang sama tetapi separuh dari peserta tambahan itu, kemudian diberi wanti-wanti bahwa ada tema-tema yang ngawur. Hasilnya skenario ketiga secara umum memang sedikit mengurangi kecenderungan `sok tahu` tetapi tidak bisa menghilangkan temuan bahwa orang yang merasa tahu cenderung akan membenarkan tema-tema yang ngawur.

Skenario terkahir, peneliti memanipulasi kecenderungan sok tahu orang-orang itu dengan membagi mereka menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan kuis geografi yang sulit, kelompok yang kedua diberikan kuis geografi yang mudah sedangkan kelompok ketiga tidak diberikan kuis. Hasilnya kelompok yang mendapatkan kuis geografi yang mudah gampang terjebak menjadi sok tahu bahkan membenarkan banyak hal ngawur yang diberikan kemudian.

Kesimpulannya, jika anda merasa tahu tentang sesuatu hal, akan lebih baik untuk mengecek kembali kebenaran akan hal itu. Karena jika anda menuruti keyakinan anda anda akan terjebak dalam perangkap membaca serampangan dan menangkap konsep yang sepertinya mudah, Kesimpulan lain menunjukkan bahwa orang yang merasa sudah banyak tahu cenderung kurang berminat untuk belajar lebih jauh.

TAGS : Sok Tahu Kesehatan




TERPOPULER :