Sabtu, 20/04/2024 03:57 WIB

Berkah Garuk Punggung Gus Dur, Karding Jadi Sekjen PKB

Karding menjabat sebagai Sekjen DPP PKB, lebih tinggi dari jabatan sebelumnya saat dipecat Gus Dur sebagai Ketua DPW PKB Jateng.

Abdul Kadir Karding

Jakarta - Sosok KH Abdurrahman Wahid identik sebagai sosok yang fenomenal. Ia juga dinilai cerdas, humoris tapi disatu sisi kadang nyeleneh bahkan mengecoh. Namun dibalik sikap nyelenehnya, kerap muncul kejutan diakhir cerita. Sehingga banyak orang yang diawal menentang sikapnya, akhirnya setuju setelah mengetahui maksud dan tujuannya.

Sekjen DPP PKB, Abdul Kadir Karding meengaku pernah menjadi korban sikap nyelenehnya Gus Dur. Karding bercerita waktu itu dirinya mendapat info akan dipecat Gus Dur dari jabatannya sebagai Ketua DPW PKB Jateng. Waktu itu dirinya mengaku pasrah saja.

Tak kunjung menerima surat pemecatan, lanjut Karding, dirinya malah diajak Gus dur jalan-jalan bersilaturrahmi ke sejumlah ulama di Jawa Tengah. "Saya ikuti beliau. Setelah ngikuti beliau sepanjang jalan ke (kabupaten) Pati karena lewatnya ke Pati, dari Blora sampai Lasem, saya diminta garuk badannya Gus Dur di punggungnya. Arifin Junaidi (salah satu petinggi PKB saat ketumnya Gus Dur) bilang, aman ente. Artinya, saya aman nggak bakal dipecat Gus Dur. Di mobil itu, Gus Dur ngobrolnya enak," kata Karding saat memberikan testimoni pada acara Tahlil dan Manaqib haul ke tujuh Gus Dur di DPP PKB jalan Raden Saleh 9, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016).

Ternyata, lanjut Karding, setelah peristiwa itu dirinya tetap dipecat sama Gus Dur.  "Alhamdulillah, saya tetap dipecat," ujar Karding sambil tertawa.

Karding mengaku heran dengan sikap-sikap Gus Dur kala itu. Pasalnya, setelah proses pemecatan itu Gus Dur tetap hangat dan akran dengan dirinya. "Saya ke rumah Gus Dur tidak pernah memarahi saya," ucapnya.

Saat ini, Karding justru menjabat sebagai Sekjen DPP PKB yang posisinya justru lebih tinggi dari jabatan sebelum dipecat Gus Dur sebagai Ketua DPW PKB Jateng. Ia mengisyaratkan bahwa adanya berkah Gus Dur hingga dirinya mendapatkan posisi bagus dipartai.

Mendengar cerita itu, Sekjen DPW PKB Jateng saat ini KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) menimpali cerita Karding dengan candaan. "Luar biasa, berkah menggaruk Gus Dur, bisa menjadi Sekjen," ucap Gus Yusuf.

KEYWORD :

PKB Gus Dur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :