Sabtu, 20/04/2024 10:35 WIB

Konstipasi Saat Natal? Ini Solusinya

Orang biasanya mengubah kebiasaan mereka karena banyak jamuan, banyak bertemu keluarga, dan tentu saja banyak makanan yang lezat yang belum tentu menyehatkan.

Ilustrasi konstipasi

"Senep" (bahasa Jawa) alias konstipasi adalah kondisi yang sangat lazim saat hari raya, tidak terkecuali Hari Natal. Orang biasanya mengubah kebiasaan mereka karena banyak jamuan, banyak bertemu keluarga, dan tentu saja banyak makanan yang lezat dan biasanya tidak sehat. Selama itu orang tidak makan buah-buahan sebanyak biasanya. Inilah menyebabkan gangguan pencernaan, mulai dari kelebihan asam lambung, perut kembung, hingga konstipasi.

Salah satu yang sering menyiksa buat orang Eropa saat Natal adalah konstipasi. Express.co.uk menjelaskan persoalan konstipasi ini dengan serius. Saat orang terkena konstipasi artinya kotoran anda (stools-tinja) tidak dibuang dengan teratur. Orang bahkan saat banyak acara sulit untuk bisa mengosongkan usus pencernaannya. Ciri-cirinya adalah kotoran menjadi keras dan yang lebih membuat menderita lagi adalah ukurannya yang membesar. Tentu saja hal ini menjadi masalah "penting" yang harus segera diatasi agar tidak kehilangan mood pesta di hari Natal.

Para ahli di Inggris memperkirakan rasio terkena konstipasi saat momen istimewa ini adalah satu dari tujuh orang dewasa. sedangkan untuk anak-anak adalah satu dari tiga orang anak di Inggris mengalami konstipasi saat Natal.

Ahli Gizi Shona Wilkinson dari SuperfoodUK menyarankan untuk mencoba memakan beberapa menu di bawah ini untuk mengatasinya,

1. Fennel atau Adas
Orang di India biasa memakan biji adas setelah makan. Ada mempunyai kemampuan untuk membantu pencernaan dengan seratnya yang tinggi dan mengharumkan mulut yang bau. Di Indonesia minyak telon adalah salah satu minyak yang kandungan utamanya adalah minyak Adas.

2. Pisang
"Pisang adalah pencahar yang sangat alami" kata Shona. Sarat dengan serat yang tinggi dan memudahkan pencernaan. " Pisang sangat tinggi kandungan potassiumnya. Memakan pisang satu kali sehari bisa memulihkan elektrolit di dalam usus pencernaan anda.

3. Wortel
Wortel biasanya banyak terdapat saat Natal. Mempunyai kandungan pectin yang tinggi, menjadi bahan yang cepat memenuhi usus pencernaan anda dan bisa memicu kontraksi untuk segera membuangnya. Wortel adalah Detox alami yang cukup baik.

4. Tomat
"Tomat adalah pencahar yang baik sekaligus mengandung vitamin C, A dan K.

5. Air Putih
Air Putih adalah rekan yang baik bagi orang saat bangun di pagi hari dan ingin segera membuang kotoran yang ada di perut. " 8 Gelas per hari sangat baik untuk melunakkan kotoran pada manusia," kata Shona.

6. Kentang Manis
Kentang jenis ini bisa memulihkan konsipasi dengan cepat karena mengandung serat, air, magnesium dan vitamnin D6. Magnesium memudahkan pergerakan kotoran manusia. "Air dan serat dalam Kentang Manis membuat kotoran manusia cukup air dan mendorongnya keluar," kata Shona.

7. Flaxseeds
Biji tanaman flax, yang dikenal di Indonesia dengan nama Biji Rami. Selain seratnya sangat tinggi juga mengandung Omega 3 yang membantu sistem kardio vaskular.[]

KEYWORD :

natal tahun baru konstipasi solusi tepat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :