Rabu, 24/04/2024 07:32 WIB

Tips

Beli Kendaraan, Pilih DP Murah atau Cicilan Ringan?

Bila di akhir tahun ini Anda berencana membeli mobil atau motor secara kredit, manakah yang Anda pilih, cicilan ringan atau DP yang murah?

Suasana Pameran Otomotif 2016 / Yogi

Jakarta – Menjelang akhir tahun umumnya para produsen kendaraan berlomba-lomba memberikan diskon menarik bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan.

Tak sedikit kendaraan, baik itu motor dan mobil dari berbagai merek ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif mulai dari DP murah, potongan harga hingga cicilan yang ringan.

Nah, bila di akhir tahun ini Anda berencana membeli mobil atau motor secara kredit, manakah yang Anda pilih, cicilan ringan atau DP yang murah?

Dalam situasi ini, Anda akan dihadapkan pada kebimbangan memilih satu di antara keduanya. Sebab jika sampai salah memilih, maka siap-siap di kemudian hari Anda akan terjebak masalah dengan pihak leasing. Lalu bagaimana sebaiknya menentukan pilihan tersebut?

Senior Vice President PT Adira Dinamika Multi Finance, Antonius Danny Hendarko, mengatakan bahwa cicilan ringan dan DP murah itu tergantung kebutuhan masing-masing konsumen.

Bila uang muka atau DP Anda tak banyak, maka pilihannya adalah cicilan ringan. Namun, sebaliknya jika punya DP yang cukup besar, cobalah membeli secara tunai daripada mencicil.

“Kalau Dp-nya sudah ada tapi tidak banyak dan sesuai budget, disarankan konsumen memilih cicilan ringan daripada membayar bunga yang mahal,” paparnya di Jakarta, baru-baru ini.

Di sisi, menurutnya, kalau pilih DP murah, nantinya akan memberatkan konsumen itu sendiri. Pasalnya perusahaan multifinance itu senang jika trak record konsumennya bagus dan pinjaman lebih besar.

“Kita senang dengan konsumen seperti itu, karena kita dapat pinjaman lebih besar dan bunga lebih banyak. Tapi sekali lagi jika konsumen cuma tergiur dengan DP murah dan tidak memperhitungkan angsurannya tentunya nantinya akan memberatkan dia dan kita juga susah,” ungkap pria yang murah senyum ini.

Sementara berbicara dari sisi netral, menurut Dany, sebenarnya yang terpenting itu adalah cicilan ringan yang terjangkau, nanti DP-nya bisa menyesuaikan.

“Uang muka murah tapi habis itu setiap bulannya pusing bayar cicilannya ngos-ngosan. Itu yang tidak benar. Ujung-ujungnya kalau sudah tak sanggup membayar, yang ada konsumen rugi multifinance pun juga ikut rugi,” tutup Dany dengan penuh semangat. [yog]

 

 

 

 

KEYWORD :

Beli Kredit DP Murah Cicilan Ringan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :