Sabtu, 20/04/2024 13:38 WIB

Amerika Abstain, Israel Ngambek

Israel akan agar aliran dana 30 juta shekel (sekitar Rp105 miliar) dihentikan bagi lima badan PBB.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Tel Aviv - Amerika Serikat menyatakan abstain dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa sehingga memunculkan resolusi PBB yang menuntut Israel mengakhiri pembangunan permukiman di wilayah Palestina, termasuk Yerusalem Timur. Sikap Amerika dikritik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan menganggam Pemerintahan Obama melakukan manuver licik.

"Pemerintahan Obama telah melakukan manuver licik dan anti-Israel di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa," kata Netanyahu, Sabtu (24/12) waktu setempat, terkait resolusi yang disahkan oleh Dewan beranggotakan 15 negara itu, Jumat (23/12).

Atas resolusi itu, Netanyahu menyiratkan Israel akan memutuskan hubungan dengan PBB. Ia mengatakan dirinya telah memerintahkan agar aliran dana 30 juta shekel (sekitar Rp105 miliar) dihentikan bagi lima badan PBB yang dianggap "sangat bersikap memusuhi". "Tidak ada yang paling konyol selain menyebut Dinding Barat sebagai `wilayah yang diduduki`," kata Netanyahu.

Ia mengacu pernyataannya itu pada Jerusalem Timur, wilayah yang direbut Israel pada 1967 dan akan dijadikan Palestina sebagai ibu kota negaranya di masa depan. Kabinet Israel telah menyatakan tekad untuk bereaksi dengan mencaplok secara penuh wilayah-wilayah permukiman.

Seperti diketahui, Pemungutan suara Dewan Keamanan PBB dilangsungkan setelah Israel mengeluarkan Undang-undang Regulasi, yang melegalisasi pembangunan permukiman Yahudi di tanah-tanah Palestina yang diduduki Israel. Resolusi Dewan Keamanan mendesak Israel untuk "segera dan sepenuhnya mengakhiri pemukiman di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Jerusalem Timur." Resolusi menyatakan bahwa pembangunan permukiman oleh Israel "tidak memiliki keabsahan hukum dan merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum internasional." Amerika Serikat, yang merupakan sekutu terdekat Israel, biasanya melindungi Israel dari keputusan-keputusan seperti itu.

KEYWORD :

konflik israel dan palestina resolusi PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :