Sabtu, 20/04/2024 09:04 WIB

KPK Target Eks Sekretaris Mahkamah Agung

Nama Nurhadi sendiri sebelumnya disebut-sebut ikut berandil terkait

Nurhadi, eks sekretaris MA.(foto:nusantara)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengisyaratkan bakal memeriksa Nurhadi, eks Sekretaris Mahkamah Agung. Nurhadi akan diperiksa dalam proses penyidikan kasus suap terkait penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menjerat eks petinggi Lippo Group Eddy Sindoro sebagai tersangka.

"Semua pihak yang terkait dengan perkara ini sepanjang dibutuhkan dengan penyidikan akan dipanggil," ucap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfiirmasi, Sabtu (24/12).

Menurut Febri pemeriksaan terhadap saksi yang relevan penting untuk pengungkapan kasus. Tak terkecuali keterangan dari Nurhadi.

Nama Nurhadi sendiri sebelumnya disebut-sebut ikut berandil terkait "pengaturan" perkara di MA, termasuk perkara perusahaan di bawah Lippo Group. Bahkan, Nurhadi memiliki hubungan yang mesra dengan sejumlah petinggi Lippo Group.

"Untuk meningkatkan perkara lain, kemungkinan perkara untuk dikembangkan akan terus bisa dilakukan," tandas Febri.

Eddy Sindoro ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga terlibat dalam kasus suap terkait pengajuan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Eddy disangka melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Korupsi juncto pasal 64 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 kesatu KUHPidana.

Penetapan tersangka Eddy Sindoro merupakan pengembangan kasus sebelumnya yang telah menjerat Edi Nasution dan karyawan PT Artha Pratama Anugerah Doddy Aryanto Supeno. Mereka diringkus dalam sebuah operasi tangkap tangan di areal parkir sebuah hotel di Jakarta Pusat April 2016. Penangkapan dilakukan sesaat setelah Doddy menyerahkan uang kepada Edi.

Doddy sendiri telah divonis empat tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Sementara Edi divonis 5,5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subaider dua bulan kurungan.

KEYWORD :

nurhadi mantan sekretaris ma lippo group




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :