Sabtu, 20/04/2024 05:30 WIB

HAUL Gus Dur ke-7

Gus Dur Menebar Damai Menuai Rahmat

Mengaji Gus Dur: Menebar Damai Menuai Rahmat. Ungkapan yang sangat dalam dan penuh makna ini menjadi tema dalam HAUL (peringatan meningalnya) mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid ke-7 tahun.

Wartawan Jurnas, bersama Tokoh Agama dalam acara Haul Gus Dur ke-7

Jakarta - Mengaji Gus Dur: Menebar Damai Menuai Rahmat. Ungkapan yang sangat dalam dan penuh makna ini menjadi tema dalam HAUL (peringatan meningalnya) mendiang Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang ke-7 tahun di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat malam (23/12/2016).

Dalam pembukaan acara, putri Gus Dur yang juga ketua panitia, Alissa Wahid membacakan makna perjuangan Gus Dur dalam membangun perdamaian dunia. Hal ini sangat relevan dengan kondisi saat ini, ketika kebencian antar sesama muslim maupun terhadap kelompok lain semakin meningkat.

"Kami merasa nilai ke-Islaman yang diperjuangkan KH Abdurrahman Wahid semakin relevan untuk digemakan kembali. Karena itu peringatan ke-7 tajun wafatnya KH Abdurrahman Wahid, Jumat 23 Desember di rumah kediaman keluarga di Ciganjur ini mengambil tema "Mengaji Gus Dur: Menebar Damai Menuai Rahmat," ujar Ketua Panitia acara yang juga putri Gus Dur, Alissa Wahid di Ciganjur, Jakarta, Jumat malam (23/12/2016).

Alissa menyampaikan berbagai aksi intoleran yang muncul belakangan ini justru dapat menurunkan citra Islam. Terutama bagi Indonesia yang menjadi model ke-Islaman yang damai dan ramah di mata dunia.

"Apalagi masyarakat di negara-negara barat saat ini mengalami Islamophobia, ketakutan, dan kecurigaan terhadap Islam yang meningkat akibat maraknya kekerasan dan terorisme," paparnya.

Alissa menyampaikan sepanjang hidupnya Gus Dur dikenal sebagai tokoh yang melanjutkan tradisi para ulama pendahulunya, yakni menghadirkan Islam ramah dan damai. "Membela kepentingan kaum yang lemah dan dapat beradaptasi dan menerima budaya lokal," ucapnya.

Sejumlah petinggi negara dijadualkan hadir dalam acara tersebut. Diantaranya, preside Joko Widodo dengan sejumlah pejabat kementerian di kabinet yang dipimpinnya. Berikut sebagian nama-nama para tokoh yang dijadualkan hadir ke acara tersebut sebagaimana dihimpun penulis dari data panitia.

KH Dr KH Said Aqil Sirodj, KH Nur Muhammad Iskandar, KH Ma`ruf Amin, KH Hasyim Muzadi, KH Masdar Farid Mas udi, KH Asad Ali, KH Mustofa Bisri, Habib Luthfi Yahya, Habib Abubakar Alatas, KH Yahya Cholil Staquf, Bapak Charles holland Taylor, Prof H Quraish Shihab dan sejumlah kiai dan ulama Islam lainnya.

Selain itu, turut akan hadir Romo Kardinal Julius Darmaatmadja, Romo Mgr Suharyo, Bikhu Suryanadi Mahathera, Romo Dedi Pradiprto, Romo L Priyo Poedjiono, Ibu Ira Setyadi, Pdt. AAY Yewangoe, Ibu Zulaikha sumendap, dan sejumlah tokoh pimpinan organisasi keagamaan lainnya.

KEYWORD :

Haul Gus Dur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :