Jum'at, 19/04/2024 20:14 WIB

Delapan Hal Ini Tanda Anda Ingin Menjadi Sempurna

Pakar psikolog Elizabeth Lombardo Ph.D.berlisensi mengungkapkan dalam beberapa hal, kebanyakan orang masih berkutat pada hal-hal yang mengarah pada perfeksionis.

Ilustrasi menolak rokok (Foto: Al arabiyah)

Jakarta - Tanpa disadari, pernahkah Anda melakukan kebiasaan seperti menempatkan keranjang sampah secara teratur, menata pakaian berdasarkan gradasi warna atau panjang lengan, atau melakukan sesuatu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan? Mungkin Anda tipe orang yang perfeksionis.

Pakar psikolog Elizabeth Lombardo Ph.D.berlisensi mengungkapkan dalam beberapa hal, kebanyakan orang masih berkutat pada hal-hal yang mengarah pada perfeksionis. Sifat itu adalah  keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Berikut sembilan hal yang dapat memengaruhi sikap perfeksionis

  1. Berpikir ekstrim

Beberapa kata sempurna, gagal, benar atau salah, baik atau buruk sering menjadi pilihan kata yang Anda gunakan. Misalnya, "Dia orang jahat." Anda tidak lagi menggunakan ungkapan, "Dia kadang-kadang bisa berbuat jahat."

  1. Tidak mudah percaya

Anda lebih suka mengerjakan segalanya sendiri ketimbang meminta teman atau rekan melakukannya untuk Anda.

  1. Memiliki standar tinggi

Jika Anda memiliki pencapaian yang tinggi, seringkali Anda ingin agar orang melakukan hal yang serupa. Jika teman, rekan atau anak buah Anda melakukan tidak sesuai ekspektasi, Anda biasanya akan merasa kecewa.

  1. Sulit menyelesaikan tugas tepat waktu

Bukan karena Anda tidak mampu, melainkan Anda memiliki sederet target yang harus Anda penuhi agar menghasilkan sebuah hasil yang terbaik. Memikirkan hasil yang ideal membuat Anda sulit untuk percaya dengan hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

  1. Menetapkan keharusan dalam beberapa hal

Tidak ada kata yang lebih sering terngiang dalam benak Anda selain Anda harus melakukan sejumlah pekerjaan dan rutinitas tertentu, demi menunjang karir dan kehidupan yang Anda jalani.

  1. Penuh percaya diri

Meskipun sulit menyelesaikan tugas tepat waktu, tapi ketika pekerjaan yang Anda selesaikan sesuai dengan target, biasanya Anda akan merasa lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini sangat bermanfaat sebagai modal untuk pekerjaan selanjutnya.

  1. Larut dalam satu kesalahan

Dikutip dari Psychology Today, orang perfeksionis biasanya larut dalam suatu kesalahan yang dibuat dalam pekerjaan. Anda, misalnya, akan merasa buruk ketika hasil pekerjaan tidak sesuai target atau menemui kegagalan.

  1. Suka menunda pekerjaan

Kepercayaan diri ternyata tidak selamanya menjadi nilai positif bagi orang perfeksionis. Dengan kepercayaan diri tersebut, Anda akan lebih mudah menunda-nunda pekerjaan. Hal yang paling sering Anda pikirkan adalah jika Anda mampu melakukan sesuatu secara sempurna, jadi untuk apa menyelesaikannya cepat-cepat.

KEYWORD :

Perfeksionis gaya hidup




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :