Jum'at, 19/04/2024 03:06 WIB

Event

Forwot Gelar Kampanye Keselamatan Berkendara

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT), kembali melakukan kampanye keselamatan jalan raya dengan menggelar Safety Riding Training di Bogor.

Forwot Road Safety Campaign 2016 / Forwot

Bogor – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT), kembali melakukan kampanye keselamatan jalan raya dengan menggelar Safety Riding Training di Bogor (18/12).

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari wartawan dan komunitas sepeda motor hadir dalam pelatihan keselamatan ini. Sebelumnya acara serupa pernah dilakukan Forwot pada tahun 2010, 2012, dan 2014.

Acara ini merupakan salah satu dukungan Forwot dalam mendukung Dekade Aksi Keselamatan Jalan (2011 – 2020) yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono pada 20 Juni 2011. Saat itu Wapres Boediono mengungkapkan bahwa setiap 10 – 15 menit satu orang meninggal karena kecelakaan.

Berdasarkan data kecelakaan Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) sepanjang 2015 terjadi sekitar 95 ribu kecelakaan dengan 20 ribuan orang meninggal. Sedangkan pada semester I 2016 terjadi 52 ribuan kejadian dengan sekitar 11 ribu orang meninggal.

“Pelatihan ini terdiri dari dua bagian, yaitu Teori dan Praktik,” kata Wilfridus Zenobius Kolo, ketua pelaksana Road Safety Campaign 2016, di Bogor.

Dalam kegiatan yang didukung oleh PT Astra Honda Motor, PT Pertamina Lubricants, PT Astra Otoparts, Garda Oto, Adira Insurance, Zeneos & IRC, serta FIFGROUP ini peserta diberi pengetahuan teori mengendarai sepeda motor. Selanjutnya di paruh kedua peserta diberi kesempatan mempraktikkan semua teori yang telah diajarkan oleh para instruktur.

Adapun praktik dalam pelatihan ini terdiri dari 12 modul (harsh braking, counter weight lurus, counter weight u turn, tight maneuvering, counter steering lurus, counter steering circle of 8, balancing, macadam, ascending, braking & swerve, cornering & braking, serta judge & react) yang dibawakan oleh Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). [yog]

 

 

KEYWORD :

Forwot Forum Wartawan Otomotif Kampanye Keselamatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :