Sabtu, 20/04/2024 11:07 WIB

Internasional

Bus Pengungsi Orang Sakit Dibakar Pemberontak

Walau sempat tertunda, namun sejumlah bus berhasil memasuki Foah dan Kefraya,

Bis yang mengangkut pengungsi diserang pemberontak (Foto: Ammar Abdullah/Reuters)

Suriah - Kelompok pemberontak Suriah membakar bus yang dikirim untuk membawa orang sakit dan cedera dari dua kampung yang dikuasai tentara pemerintahan di Provinsi Idlib, Suriah. Serangan pemberontah untuk menghentikan evakuasi sipil dari kawasan yang terkepung.

Pasukan pendukung  pemerintah Suriah mengatakan,  penduduk di Foah dan Kefraya seharusnya dibiarkan untuk pergi agar evakuasi dari Aleppo timur bisa dimulai. Dikabarkan,  konvoi sudah mulai meninggalkan Aleppo, namun ada dugaan kembali lagi ke tempat asalnya.

Dilansir bbc, rencana awal adalah mengevakuasi warga dari kantong-kantong yang dikuasai pemberontak di Aleppo, yang direbut kembali oleh pasukan pemerintah sejak Jumat (16/12) pekan lalu.

Walau sempat tertunda, namun sejumlah bus berhasil memasuki Foah dan Kefraya, Namun keenam bus tersebut diserang dan dibakar. Kantor berita AFP melaporkan sekelompok pria bersenjata memaksa para supirnya keluar sebelum membakar bus-bus tersebut. Mereka yang akan dievakuasi antara lain adalah warga yang sakit dan cedera, termasuk anak-anak.

Perang yang sengit di Aleppo dan sekitarnya menyebabkan banyak penduduk yang terlantar di beberapa tempat di sepanjang jalan tanpa cadangan makanan dan maupun tempat tinggal sementara."Kami sangat mengkhawatirkan nasib mereka. Jika anak-anak tersebut tidak dievakuasi maka mereka bisa mati," tulis badan anak PBB, UNICEF, dalam pernyataannya.

KEYWORD :

Krisis Suriah Bus Dibakar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :