Jum'at, 19/04/2024 09:03 WIB

Hercules TNI Sebaiknya Dikandangkan

Banyak prajurit terbaik Indonesia justru meninggal bukan karena perang, tapi akibat kecelakaan pesawat yang ditumpanginya rusak.

syaiful bahri anshori

Jakarta - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB, Syaiful Bahri Anshori meminta TNI menghentikan operasi terbang bagi seluruh pesawat jenis C-130 B Hercules. Permintaan ini sebagai respon atas terulangnya kecelakaan pesawat sejenis milik TNI AU yang jatuh di Timika, Papua, Minggu (18/12/2016).

Syaiful mengatakan, seluruh armada pesawat Hercules milik TNI memang tidak layak terbang karena sudah tergolong pesawat uzur. "Nggak usah dipaksakan terbang. Ini khan kesannya dipaksakan. Saya kira aspek keteraturanlah ya. TNI harus evaluasi semua pesawat-pesawat Hercules kelayakannya untuk terbang," ujar Syaiful kepada Jurnas.com di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Syaiful menyayangkan banyak prajurit terbaik Indonesia justru meninggal bukan karena perang, tapi akibat kecelakaan pesawat yang ditumpanginya rusak. Seharusnya, tugas penerbangan yang dijalani TNI lebih mengandalkan pesawat berfungsi optimal. 

Pesawat Hercules yang dipakai TNI, lanjut Syaiful, sudah dipastikan sebagai produk lawas. Bahkan komponen cadangannya sudah langka di pasaran.  

"Sparepartnya udah nggak ada khan. Jadi sparepartnya kaya apa. Jangan sampai, penerbangan pesawat tidak layak terbang justru merugikan bangsa ini. Berapa perwira sudah yang meninggal. Kasian," ungkapnya.

Kecelakaan pesawat Hercules milik TNI AU jenis C 130 A-1334 jatuh di Timika-Wamena, di Papua, Minggu (18/12/2016) sekitar pukul 06.05 WIT. Pesawat angkut dengan pilot Mayor Penerbang Marlon tersebut berangkat dari Timika tujuan Wamena, ATD 05.35 WIT, dengan rencana tiba 06.13 WIT.

Diketahui, pesawat naas tersebut mengangut 13 prajurit TNI. Diantaranya, Mayor Pnb Marlon A Kawer, Kapten Pnb J Hontian F Saragih, Lettu Pnb Hanggo Fitradhi, Lettu Nav Arif Fajar Prayogi, Plt Lukman Hakim, Plt Suyata, Plt Kusen, Serma Kudori, Plt Agung Tri, Pld Agung S, Serma Fatoni, Serda Suyanto, Kapten Roni.

Kecelakaan pesawat milik TNI bukan kali ini saja. Sebelumnya kecelakaan serupa terjadi di Medan dan menimpa permukiman warga sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Hercules Syaiful Bahri Anshori




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :