Kamis, 18/04/2024 12:45 WIB

Suku Bunga Acuan Sulit Dikendalikan

Tren suku bunga internasional mengalami kenaikan ditambah kebijakan The Fed menaikkan suku bunga. Ini kemudian membuat kita (BI) sulit menurunkan bunga, karena kita membutuhkan valuta asing masuk ke Indonesia.

ekonomi

Jakarta - Rencana kenaikan Fed Funds Rate secara bertahap pada 2017 akan mempersulit Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7-day Repo Rate yang saat sebesar 4,75 persen.

"Tren suku bunga internasional mengalami kenaikan ditambah kebijakan The Fed menaikkan suku bunga. Ini kemudian membuat kita (BI) sulit menurunkan bunga, karena kita membutuhkan valuta asing masuk ke Indonesia," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, kepada jurnas.com.

Mirza menangkap kebijakan The Fed menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali merupakan langkah antisipatif yang diambil Presiden AS, Donald Trump terhadap kenaikan inflasi dan rencana kenaikan upah buruh.

Kebijakan AS ini tengtunya membawa pengaruh pada kenaikan bunga SUN (Surat Utang Negara) AS. Imbasnya kenaikan bunga SUN adalah naiknya Fed Funds Rate.

"Ini membuat BI sulit menurunkan BI 7-day Repo Rate. Kita sudah lima kali menurunkan suku bunga, dan melonggarkan Giro Wajib Minimum (GWM) Primer sudah dua kali," jelas Mirza.

KEYWORD :

BI Suku Bunga Acuan Mirza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :