Jum'at, 19/04/2024 19:01 WIB

10 Efek Buruk Media Sosial Pada Remaja dan Anak

Peneliti di University of Rome telah melakukan penelitian terhadap 50.000 orang di Italia pada tahun 2014.

ilustrasi Sosmed

Jakarta - Beberapa tahun belakangan ini kemajuan teknologi dan pesatnya penggunaan media sosial oleh lebih dari dua per tiga penduduk bumi, telah membawa banyak perubahan.

Sebut saja 3 (tiga besar) media sosial online seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kemudian media sosial berbasis pengguna telepon selular seperti Whatsapp, Line dan Telegram semuanya telah berkembang sedemikian rupa dengan segala konsekuensinya.

Peneliti di University of Rome telah melakukan penelitian terhadap 50.000 orang di Italia pada tahun 2014 untuk mengetahui efek buruk media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah hasilnya:

1. Ancaman Ujaran Kebencian; Di Indonesia beberapa waktu belakangan berkait dengan perkembangan politik nasional telah menjadi contoh     bahaya ujaran kebencian. Penggunaan agitasi agama untuk kepentingan politik, seruan kebencian pada golongan minoritas, sampai praktek-praktek tingkah laku yang kasar, penuh kebencian sering hadir sehari-hari dalam genggaman  tanpa saringan.

2.  Ketidakpercayaan terhadap masyarakat; Akibat "ancaman" yang hadir setiap saat, anak-anak mengira bahwa hal-hal buruk itu benar-benar ada di sekitarnya. Akibatnya takut, mengucilkan diri dan hilang kepercayaan terhadap masyarakat.

3.  Perundungan Cyber atau Cyber Bullying; Perploncoan terutama di kalangan pelajar yang menggunakan media seperti Facebook banyak melahirkan perundungan cyber yang sama depresif akibatnya seperti perundungan pada umumnya.
4.  Pencurian identitas; informasi pribadi adalah hal yang sangat mudah dicuri dari remaja dan anak-anak. Ancamannya adalah predator sosial.

5.  Penguntitatn Cyber; Cara predator sosial mendapatkan mangsanya adalah dengan menguntit dengan kemajuan teknologi.

6.  Gambar-gambar, Tayangan Vulgar Tanpa Sensor; Yang paling penting adalah dampingan dari orang yang lebih dewasa yang dekat secara sosial.

7.  Bahaya terlalu banyak Sharing Informasi; Banyak hal yang semestinya bukan bagian dari informasi publik seperti rahasia pribadi bisa menjadi cikal bakal kemalangan.

8.  Cyber Predator; Psychopath, Sociopath, Paedhophile, adalah ancaman yang kerap melakukan perburuan online.

9.  Dampak Emosional; Bagi remaja dampak emosional dari hilangnya percaya diri akibat melihat orang lain kelihatan begitu sukses di media sosial adalah persoalan yang mencemaskan.

10. Hilangya kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain; Karena tidak pernah berhubungan dengan masyarakat sekitar remaja dan anak-anak kehilangan kemampuan untuk hidup dalam masyarakat yang sesungguhnya.

KEYWORD :

Sosmed Sosial Media




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :