Sabtu, 20/04/2024 18:24 WIB

TKA Asal China Buat Resah

Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dianggap telah meresahkan Indonesia.

Ilustrasi TKA

Jakarta - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dianggap telah meresahkan Indonesia. Sebab, keberadaan warga negara asing (WNA) mulai menyusup dengan membuat paspor asal Indonesia.

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, maraknya TKA yang masuk ke Indonesia dan dengan mudah membuat paspor asal negara Indonesia akan menimbulkan masalah bagi bangsa dan negara.

"Terutama TKA yang meresahkan. Misal ada orang asing (China) yang buat paspor asal nama Indonesia," kata Yandri, dalam rapat paripurna DPR, Jakarta, Kamis (15/12).

Untuk itu, kata Yandri, DPR dan pemerintah harus menyikapi secara serius persoalan tersebut. Jika tidak, maka negara dalam keadaan terancam. "Ini harus diseriusi, tidak boleh dianggap remeh, enteng, karena akan ganggu integrasi negara dan buat resah," tegasnya.

Diketahui, salah satu warga negara Tiongkok, Wang Fui Quin (21) diamankan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Provinsi Banten, saat hendak membuat paspor Indonesia. Wang Fui Quin pun memikiki dokumen data kependudukan Pandeglang yang lengkap layaknya WNI.

Sejumlah dokumen yang dimiliki berupa Akte Kelahiran (AK), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP Elektronik yang semuanya dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang, Banten.

KEYWORD :

Tenaga Kerja Asing Cina Imigrasi DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :