Sabtu, 26/05/2018 16:45 WIB

Ini Solusi Agar Kentut Anda Tidak Bau Telur Busuk

Penelitian itu meneliti kotoran dari 7 orang yang sehat.

Ilustrasi Kentut

Jakarta - Kentut sebenarnya terdiri atas gas yang tidak berbau yang berasal dari oksigen dan nitrogen yang dihirup manusia. Yang bertanggungjawab terhadap bau adalah zat hidrogen, metan, dan karbon dioksidan yang diproduksi oleh bakteria di usus besar yang memfermentasikan karbohidrat yang kita makan.

Cara paling efektif agar kentut Anda tidak berbau telur busuk adalah dengan memakan jenis karbohidrat yang lama dicerna menjadi zat gula. Jenis karbohidrat ini bisa ditemukan di kentang, pisang, kedelai atau buncis, sereal, gandum, asparagus, dan artichoke.

Kiat di atas berasal dari penelitian yang dilakukan di Monas University Melbourne, Australia. Chu Yao bersama kolaganya meneliti bagaimana beberapa jenis makanan mempengaruhi produksi hidrogen sulfida yang dihasilkan di usus manusia. Caranya adalah dengan meneliti sampel-sampel yang diambil dari kotoran manusia.

Penelitian itu meneliti kotoran dari 7 orang yang sehat. Kemudian mereka mengujinya dengan mencampur sampel dengan cystein - sejenis makanan mengandung sulfida (belerang/sulfur) yang komposisinya terdiri dari daging, telur, susu dan berbagai jenis protein lainnya. Ternyata feses yang dicampur itu menghasilkan hidrogen sulfida yang dilepaskan oleh bakteri pencernaan sebanyak 7 kali lipat.

" Ini menjelaskan mengapa, para binaragawan yang mengkonsumsi banyak protein olahan, sangat dikenal dengan kentutnya yang bau," kata Chu.

Jumlah hidrogen sulfida ini berkurang cukup banyak saat sampel kotoran dicampur dengan karbohidrat yang lama dicerna menjadi gula. Jenis ini juga dikenal sebagai karbohidrat yang kaya serat. Kemampuan jenis karbohidrat ini dalam mengurangi produksi hidrogen sulfida mencapai 75%.

TAGS : Tips Kesehatan Kentut Bau




TERPOPULER :