Rabu, 17/04/2024 05:50 WIB

Asian Games 2018

Karate Berpotensi Besar Sumbang Emas

Menghadapi Asian Games 2018, PB Forki akan mengirimkan karateka untuk mengikuti berbagai pertandingan internasional.

Ceyco Georgia Zefanya, karateka muda Indonesia

Jakarta - Menghadapi Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018 dan event-event besar internasional lainnya, cabang olahraga karate memiliki potensi besar untuk mengukir prestasi gemilang. Raihan empat medali emas saat menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Karate Cadet dan Junior World Karate-do Federation (WKF) 2015, menunjukkan bahwa cabor ini memiliki atlet-atlet muda potensial yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Merebut epat emas di level kejuaraan dunia merupakan sejarah terbaik karate sepanjang sejarah keikutsertaannya di ajang kejuaraan papan atas dunia tingkat kadet dan yunior tersebut. Keempat karateka muda yang bersinar pada kejuaraan dunia WKF yang diikuti 101 negara itu, adalah Ahmad Zigi Zaresta (kata putra), Ceyco Georgia Zefanya (Kumite +59 kg putri) dan Faqih Karomi (Kumite -70 kg putra), dan Muhammad Fahmi Sanusi ( Kumite junior -76kg putra).

Ini tentu saja menjadi modal berharga bagi karate menghadapi Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus sampai 2 September 2016. Bahkan menjadi penambah kepercayaan diri menghadapi Olimpiade 2020 di Jepang ketika cabang ini untuk kali pertama dipertandingkan ecara resmi di kancah Olimpiade.

Menghadapi Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki) juga sudah menyiapkan program khusus. Diantaranya dengan mengirimkan karateka untuk mengikuti berbagai pertandingan internasional. Tujuannya, agar cabang olahraga karate mampu menyumbangkan medali emas bagi kontingen Merah Putih pada pesta olahraga negara-negara Asia tersebut.

”Kita sudah melakukan persiapan untuk menghadapi Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018 dengan memperbanyak mengirimkan karateka ke berbagai event internasional,” kata Ketua Umum PB Forki Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Di kancah Asian Games, Indonesia tercatat baru sekali meraih medali emas lewat Hasan Basri pada Asian Games 2002. Prestasi terbaik setelah itu adalah medali perak yang ditorehkan Umar Syarief di Asian Games 2010. Penantian panjang untuk meraih emas lagi di pesta olahraga terbesar se-Asia itu diharapkan bisa terwujud dua tahun mendatang saat Indonesia menjadi rumah Asian Games untuk kali kedua. Advertorial

KEYWORD :

Asian Games 2018 Asian Games Karate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :