Sabtu, 20/04/2024 03:20 WIB

Asian Games 2018

Velodrome Megah dengan Trek Kayu Siberia

Material kayu baru dikirimkan pada Januari 2017.

Desain velodrome rawamangun

Jakarta - Menyambut Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018, DKI Jakarta terus berbenah. Salah satunya dengan merenovasi atau membangun Velodrome di Rawangun. Velodrome yang disiapkan untuk pesta olahraga se-Asia itu, disebut-sebut akan menjadi stadion balap sepeda termegah di Asia Tenggara.

Stadion tertutup yang akan dibangun, berkapasitas 1.000 tempat duduk dan dapat menampung 3.000 orang. Dirancang tidak hanya bisa digunakan untuk menggelar pertandingan balap sepeda saja, tetapi juga untuk pertandingan lain, seperti Futsal dan Bulu Tangkis. Di tengah perlintasan sepeda dirancang khusus untuk bisa diubah menjadi lapangan Futsal dan Bulu Tangkis. Stadion tersebut juga diintegrasikan dengan jalur transportasi umum seperti LRT dan Terminal Bus Transjakarta.

Renovasi Velodrome untuk Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018 kini sudah berlangsung. Saat ini proses pengerjaan sudah mencapai sekitar 15-20 persen. Rencananya, baru pada awal 2017, mulai dikerjakan detail dari arena pertandingan di balap sepeda. Material kayu untuk trek menggunakan material jenis kayu Siberia yang berasal dari Rusia.

Material kayu tersebut baru dikirimkan pada Januari 2017. "Jenis kayu siberia. Memang ini standarnya. Sama seperti yang dipakai di Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, dan London," kata Project Manager Velodrome, Iwan Takwin beberapa waktu lalu.

Perlintasan balap sepeda stadion tersebut, memiliki lingkar panjang sekitar 250 meter, sedangkan lebar 5,5 meter. Pembagnunan stadion tersebut diperkirakan menghabiskan dana sebesar USD 40 juta (sekira Rp 520 milyar). Pembangunan dilakukan PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan menggandeng rekanan kontraktor asing, IS Global yang berasal dari Inggris dan kontraktor lokal PT. Wijaya Karya (Wika).

Asian Games 2018/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2016. Mempertandingkan 40 cabang olahraga. Advertorial

KEYWORD :

Asian Games 2018 KOI Asian Games Veldroome




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :