Sabtu, 20/04/2024 10:00 WIB

Motor

Izin Motor Listrik Gesits Diperkirakan Selesai Satu Bulan

Izinan dan sertifikasi sepeda motor bertenaga listrik buatan anak bangsa, Gesits, diperkirakan akan selesai dalam masa satu bulan.

Gesits Tour de Jawa Bali / Garansindo

Jakarta – Izinan dan sertifikasi untuk sepeda motor bertenaga listrik buatan anak bangsa, Gesits, diperkirakan akan selesai dalam masa satu bulan.

Hal ini dikemukakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada para jajaran Kemenhub saat menerima kunjungan Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana bersama tim Gesits Dr. Muhammad Nur Yuniarto ST sebagai Ketua Tim Peniliti GESITS dan Harun Sjech selaku Chief Sales Director Garansindo Group, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta (6/12).

Dalam pertemuan tersebut beberapa agenda mengenai pengembangan project Gesits ke depannya turut dibicarakan termasuk di antaranya peraturan perizinan, sertifikasi, strategi pemasaran, regulasi, serta prinsip.

Untuk itu, Menhub meminta langsung kepada para jajarannya untuk segera membantu masalah perijinan dan sertifikasi yang berkaitan dengan wewenang Kemenhub, yang perkiraannya akan selesai dalam masa satu bulan.

Menteri Budi Karya Sumadi juga mengingatkan team Gesits untuk tetap memfokuskan objektifitasnya terhadap target pembeli, harga yang terjangkau, system charging yang mudah serta konsep pemasaran yang akan dilakukan.

Sementara itu, Harun Sjech, Chief Sales Officer Garansindo Group mengatakan, hasil dari pertemuan ini membuktikan komitmen dan kepercayaan pemerintah Indonesia atas produk otomotif buatan lokal.

Dukungan dari Kementerian Perhubungan memberikan motivasi dan dorongan semangat yang semakin tinggi kepada tim Gesits untuk tetap fokus berinovasi dan menghasilkan produk otomotif nasional yang dapat dibanggakan guna mendorong industri otomotif Indonesia dalam berkompetisi di pasar internasional.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia serta masyarakat Indonesia atas dukungan positif yang diberikan kepada Gesits,” ujar Harun di Jakarta.

Sebagai informasi, sepeda motor Gesits dilengkapi dengan mesin tenaga listrik 5KW dan 3KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80 – 100 kilometer. Dalam satu pengisian baterai Gesits bisa berakselerasi dengan kecepatan maximal sampai dengan 100 km per jam. Kecepatan tersebut setara dengan motor skuter bermesin bahan bakar minyak 125cc.

Skuter listrik ini hanya membutuhkan sekitar 1,5 – 3 jam untuk sekali pengisian baterai dengan sumber listrik dinding biasa. Selain itu, Gesits juga memberikan kemudahan penggantian baterai dengan system swap (tukar tambah), di mana para konsumen dapat melakukan penggantian baterai di tempat fasilitas umum termasuk SPBU ataupun minimarket. Ke depannya kemitraan Gesits bersama Perusahaan Listrik Nasional (PLN) nantinya akan menyediakan stasiun penggantian baterai isi ulang di setiap SPBU. [yog]

KEYWORD :

Motor Listrik Gesit ITS Garansindo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :