Selasa, 11/12/2018 08:10 WIB

Jengkol Memang Bau, Tapi Ini Khasiatnya

Dibalik baunya yang menyengat hidung, ternyata jengkol menyimpan beragam manfaat yang berguna bagi kesehatan.

Biji Jengkol

Jakarta- Sebagai tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara, Jengkol disukai di Malaysia, Thailand dan Indonesia, terutama di wilayah Jawa Barat yang seharinya mengonsumsi hingga 100 ton jengkol. Dibalik baunya yang menyengat hidung, ternyata jengkol menyimpan beragam manfaat yang berguna bagi kesehatan. Dalam satu buah jengkol mengandung banyak karbohidrat, protein, vitamin A, B, C dan kalsium yang baik untuk tubuh. 

Jengkol juga diketahui bermanfaat untuk mencegah sembelit. Serat yang terkandung di dalam buah berkulit coklat ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Serat yang cukup, sangat baik untuk menghindarkan Anda dari sembelit.

Manfaat lainnya adalah untuk mencegah anemia. Penyakit ini terjadi karena kekurangan zat besi. Jengkol mengandung cukup zat besi setinggi 4,7 gram per 100 gr jengkol. Jengkol juga bermanfaat untuk mencegah diabetes, karena zat yang terkandung di dalamnya dapat membuat kadar gula dalam darah turun pada waktu yang tepat.

Selain bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan diabetes. Jengkol juga bermanfaat bagi jantung, karena kandungan mineralnya yang tinggi. Penyakit jantung koroner bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Dikutip dari Vegetafruit, penyakit jantung koroner yang terjadi karena penyempitan pembuluh darah, dengan kandungan mineral dalam jengkol akan membuat pembuluh darah yang menyempit, lancar kembali.

TAGS : Jengkol Gaya Hidup Kesehatan




TERPOPULER :