Kamis, 25/04/2024 12:02 WIB

5S MOVEMENT ITALIA

Bergulir Jadi Gerakan Oposisi Terbesar

M5S tak bisa dipisahkan dari duo Beppe Grillo dan Gianroberto Casaleggio. Grillo adalah seorang satire komedian yang memvisualkan diri sebagai Michael Moore atau Russell Brand.

Beppe Grillo.(foto:interrist)

Tujuh tahun lalu, Five Star Movement (M5S), bukanlah apa-apa. Namun, sekarang ia berubah menjadi sebuah gerakan populis yang menjadi kelompok oposisi terbesar di Italia. Mereka berani menekan pemerintah dan berperan pada referendum yang digelar pada 4 Desember hari ini. Gerakan ini diprediksi mampu menjatuhkan koalisi kiri-kanan Perdana Menteri Matteo Renzi.

M5S tak bisa dipisahkan dari duo Beppe Grillo dan Gianroberto Casaleggio. Grillo adalah seorang satire komedian yang memvisualkan diri sebagai Michael Moore atau Russell Brand. Grillo meletakkan visibilitas dan kharisma selebritis pada M5S. Sementara Casaleggio adalah eksekutif IT, yang memberikan jubah karakter khas pada diri Grillo. Mereka memelopori M5S pada 4 Oktober 2009.

Grillo mengenang, dalam sebuah tulisan di blognya, bahwa pertamakali ia tampil dengan model rambut shaggy disambut hangat fans, yang menyebutnya sebagai gaya visioner. Casaleggio lantas menekankan Grillo untuk lebih intens menuliskan visi M5S dalam blognya. Bukan hanya itu, pakar IT itu mendorong lebih jauh kepada warga, membuat banyak pertemuan dan membentuk sel-sel lokal meletakkan dasar gerakan M5S.

Grillo kemudian mengambil alih M5S paska kematian sejawatnya, Casaleggio pada April 2016 lalu. Banyak pengamat menunjuk bahwa M5S adalah gerakan populis, antikemapanan, anti global, pemerhati lingkungan atau Eurosceptic, yang menunjuk pada keinginan Italia untuk keluar dari zona Euro mengikuti Inggris.

Pada dasarnya, menurut Grillo, M5S bukan sebuah partai, namun sebuah gerakan yang berkomitmen untuk menyingkirkan berbagai keburukan di Italia yang dianggap sebagai sumber patronase dan korupsi. M5S membuat perbedaan dengan gerakan sejenis di Italia, yang memakai jaringan internet untuk media gerakan.

Tulisan Grillo banyak menjelaskan bahwa gerakan M5S tidak mengikuti arus kiri kanan, namun mengangkat isu lima prioritas kebutuhan publik, yang tercermin dalam lima bintangnya, yaitu air, transportasi, pembangunan berkelanjutan, hak akses internet dan environmentalisme.

Benar, gerakan M5S ini pada akhirnya banyak memberikan pengaruh pada jalannya pemerintahan. Beberapa protes yang pernah dilakukannya mendapat respon langsung dari pemerintahan lokal, yang bahkan intensitas protesnya lebih berani.[economist/guardian]

KEYWORD :

five star movement beppe grillo referendum italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :