Kamis, 18/04/2024 18:45 WIB

5S MOVEMENT ITALIA

Pada Mulanya Sebuah Gerakan Moral

Menggunakan kata-kata yang populer saat itu, Grillo dan penggemarnya membuat seruan-seruan moral untuk mengubah keadaan. Salah satu diantaranya adalah V-Day.

Protes pendukung M5S di Roma.(foto:guardian)

Pada awalnya Beppe Grillo memulai dengan tulisan-tulisan di blognya dengan seruan-seruan moral pada tahun 2005. Ia menulis, bahwa ia mulai melakukan banyak pertemuan dengan para penggemarnya dengan tujuan hanya bersenang-senang. Ia mengadopsi jejak Howard Dean, politisi Partai Demokrat AS, yang banyak melakukan pertemuan darat dengan para pengikutnya usai "pencerahan" yang dilakukannya melalui laman situs. Grillo lantas membaut banyak pertemuan dan membuat koordinasi dengan berbagai aktivis membahas berbagai isu.

"Pertemuan itu hanya untuk bersenang-senang, berkumpul dan berbagi ide dan membahas abgaimana dunia menjadi lebih baik, yang dimulai dari kota sendiri. Kami membahas dan mengembangkan (lebih jauh), jika Anda percaya tulisan saya," kata Grillo, seperti dikutip dari blognya di beppegrillo.it.

Pada tahun 2005 itu, tepatnya pada bulan Maret, Juni dan Desember, Grillo bersafari dan melakukan pertemuan darat dengan fans yang disebutnya seabgai "Friends of Beppe Grillo". Pertemuan berskala nasional itu secara langsung Grillo mulai mengajak pengikutnya untuk membahas isu-isu lingkungan. Pertemuan ini ditindaklanjuti pada pertemuan keempat pada 3 Februari 2007, di Genoa, yang memberikan hak otonom untuk koordinator tingkat kota membuat pertemuan sendiri dan mengatur manajerialnya.

Pada tahun 2007, gerakan Grillo bertumbuh dan mulai mendapat simpati banyak warga sipil di penjuru Italia. Mereka banyak berpartisipasi dan mengusulkan koordinasi nasional. Segera Grillo melakukan pertemuan pada 14 Juli di Parma, mengusulkan asosiasi, pola gerakan, organisasi, pelatihan warga sipil, memromosikan dan bereksperiman soal demokrasi langsung dan partisipatif. Termasuk diantaranya adalah membuat usulan dan pencabutan referendum, pembuatan Ombudsman, penganggaran partisipatif dan bagaimana mandat pemerintahan publik.

Menggunakan kata-kata yang populer saat itu, Grillo dan penggemarnya membuat seruan-seruan moral untuk mengubah keadaan. Salah satu diantaranya adalah V-Day, yang mengacu pada pendaratan sekutu di Normandia selama PD II. V-Day dipromosikan untuk gerakan Parlemen Bersih pada tahun 2006 yang masih berlangsung hingga sekarang.

Pergumulannya dengan isu-isu nasional di Italia, membuat gerakan Grillo terdorong ke pusaran politik. Tokoh-tokoh independen yang dekat dengan gerakan Grillo, seperti Luigi de Magistris dan Sonia Alfano untuk maju dalam pemilihan parlemen. Pada 4 Oktober 2009, bersama Gianroberto Casaleggio di Teater Emerald Milan, Grillo mendeklarasikan Five Star Movement lengkap dengan program-programnya dan launching pada 9 September 2009.[guardian/thelocal/wsj]

KEYWORD :

five star movement beppe grillo referendum italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :