Kamis, 18/04/2024 16:14 WIB

Tips

Mengetahui Performa Mesin Mobil dari Asap Knalpot

Bagi Anda pengguna kendaraan tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya knalpot. Komponen yang satu ini berupa pipa saluran pembuangan sisa hasil pembakaran mesin.

Asap Knalpot / theconvercation

Bekasi – Bagi Anda pengguna kendaraan tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya knalpot. Ya, komponen yang satu ini berupa pipa saluran pembuangan sisa hasil pembakaran mesin.

Fungsi dari knalpot itu sendiri boleh dibilang dapat meredam suara yang keluar dari ruang bakar mesin. Namun dibalik itu semua ternyata kita dapat mengenal performa dan kondisi mesin dari asap knalpot.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa hasil pembuangan yang berupa asap tersebut dapat dijadikan salah satu indikator dari kondisi mesin sebuah kendaraan. Selain itu asap yang dikeluarkan dari knalpot bisa juga menentukan performa mesin mobil tersebut.

Tak sedikit para pemilik kendaraan menganggap enteng masalah ini, jika dibiarkan berlarut-larut, maka asap yang ditimbulkan nantinya akan semakin tebal, lebih parahnya lagi bila dipaksakan terus menerus dapat dipastikan performa mesin akan berkurang dan akhirnya bisa mogok.

Salah seorang mekanik bengkel mobil di kawasan Jati Bening, Bekasi, mengungkapkan, mobil bermesin bensin bila mengeluarkan asap warna hitam pekat dari knalpotnya menunjukkan adanya gangguan pada kinerja mesin.

“Jika asap yang dikeluarkan dari knalpot warna hitam, kemungkinan gangguannya lebih dikarenakan dari pemakaian bensinnya,” kata pria yang akrab disapa Tambunan ini di Bekasi, baru-baru ini.

Untuk itu menurutnya, guna mengatasinya masalah tersebut, Ia menyarankan agar sang pemilik kendaraan memakai jenis bahan bakar yang berkualitas baik atau beroktan tinggi.

Apabila gejala tersebut belum juga hilang, maka masalah bisa tejadi dari dalam mesin yang kemungkinan disebabkan ausnya komponen beberapa komponen seperti ring piston atau seal klep. Dan untuk mengatasinya, Tambunan menyarankan segera membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan perawatan lebih lanjut misalnya dengan tune-up.

Beda halnya dengan kendaraan yang terawat sudah dapat dipastikan tidak akan mengeluarkan asap, hanya saja bila pada musim hujan seperti sekarang ini atau kondisi cuaca di luar cukup dingin, biasanya akan mengeluarkan sedikit asap berwarna putih terutama saat menghidupkan pertama kali. [yog]

 

 

KEYWORD :

Perawatan Mesin Knalpot Mobil Asap Kendaraan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :