Jum'at, 26/04/2024 04:47 WIB

Demo 212

IPW: Polisi Harus Bebaskan Tokoh yang Ditangkap

Aksi penangkapan terhadap delapan tokoh masyarakat itu tindakan lebay dari Kapolda Metro Jaya

Neta S Pane, IPW

Jakarta - Penangkapan terhadap delapan tokoh masyarakat yang dilakukan Polda Metro Jaya mendapat kecaman keras dari banyak kalangan.

Delapan tokoh yang ditangkap itu adalah Ratna Sarumpaet, Rachmahwati Soekarnoputri, Sri Bintang Pamungkas, Ahmad Dhani, Hatta Taliwang, Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zein, dan Brigadir Jenderal (Purn) TNI Adityawarman Thaha.

Penangkapan ini langsung dikecam Indonesia Police Wathc (IPW) yang meminta Kapolri Tito Karnavian segera mencopot Kapolda Metro Jaya karena bertindak arogan dalam penangkapan tokoh masyarakat jelang aksi damai 212.

"Penangkapan ini adalah wujud arogansi dan kesewenang wenangan Kapolda Metro Jaya yang sangat bertolakbelakang dengan sikap Kapolri yang secara intensif melakukan pendekatan dan dialog dengan tokoh tokoh masyarakat menjelang aksi damai 212," ujar Neta dalam keterangan yang diterima jurnas.com.

Neta menegaskan, Kapolda Metro Jaya tidak punya dasar hukum yang jelas dalam menangkap kedelapan tokoh itu. Apalagi jika Polda Metro Jaya menangkap mereka dengan alasan telah melakukan upaya makar yang tolokukurnya tidak jelas secara hukum.

"Aksi penangkapan itu tindakan lebay dari Kapolda Metro Jaya," imbuhnya.

Neta juga menegaskan bahwa yang seharusnya dilakukan Kapolda Metro Jaya adalah segera menangkap Ahok sebagai sumber masalah. Bukan malah menangkap delapan tokoh masyarakat yang ingin menegakkan kebenaran.

"Secara nyata Ahok sudah melakukan penistaan agama hingga dinyatakan sebagai tersangka. Akibat ulah AHok sudah terjadi kegaduhan dan kekacauan yang membuat Polri kerepotan dan eskalasi kamtibmas memanas," lanjut Neta.

Neta tak habis fikir, kenapa Kapolda justru tidak menangkap Ahok sebagai sumber masalah. Kenapa yang ditangkap justru kedelapan tokoh. Tindakan ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kegaduhan politik. Untuk itu IPW mendesak Kapolri segera mencopot Kapolda Metro Jaya.

"Polri juga harus segera membebaskan kedelapan tokoh masyarakat yang ditangkap agar situasi politik ibukota tidak semakin panas," tuntas Neta.

KEYWORD :

Penangkapan Tokoh IPW




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :