Kamis, 25/04/2024 01:25 WIB

Event

Rifat Sungkar Raih Juara Dua Kelas G5 IXOR 2016

Offroader andalan tim Pertamax Motorsport, Rifat Sungkar, keluar sebagai juara dua grup Free for All (FFA) delapan silinder atau lebih dikenal sebagai kelas G5 di ajang IXOR 2016.

IXOR 2016 Putaran Akhir / Pertamina

Banjarbaru – Offroader andalan tim Pertamax Motorsport, Rifat Sungkar, berhasil keluar sebagai juara dua grup Free for All (FFA) delapan silinder atau lebih dikenal sebagai kelas G5 di ajang Indonesia Open Championship X-Offroad Racing (IXOR) 2016.

Tampil konsisten selama lima putaran penuh, Rifat akhirnya mampu memberikan hasil yang positif pada putaran penutup yang diselenggarakan di Sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (27/11). Bersamaan dengan itu Rifat dan navigator M Redwan juga dinobatkan sebagai juara umum ketiga di ajang offroad paling bergengsi di Indonesia ini. Sedangkan gelar juara umum IXOR 2016 kembali diamankan oleh rival terberatnya, H Samsudin.

“Peta persaingan di putaran terakhir ini cukup fluktuatif, karena banyak kejadian yang tidak terduga. Beberapa contoh yaitu ketika mobil-mobil tergelincir serta ada juga yang mengalami kerusakan pada kendaraan. Selain itu, beberapa offroader pun mampu menyodok ke urutan-urutan teratas,” ujar Rifat usai perlombaan.

Untuk musim mendatang, Rifat menjelaskan rencana untuk mengoptimalkan kendaraan Mitsubishi Triton Racing miliknya. “IXOR 2016 telah berakhir dan konsentrasi saya sekarang adalah terhadap mobil baru ini, terutama pada bagian suspensi yang hingga kini masih belum ditemukan kesempurnaan. Mobil ini lebih banyak floating dan wheel spint, sehingga belum ada sinkronisasi yang tepat sesuai perintah gas dan stir. Inilah yang akan Pertamax Motorsport Speed Offroad Team perbaiki dalam menyambut IXOR 2017 mendatang,” pungkas Rifat.

Sementara itu, offroader Pertamax Motorsport Offroad Team lainnya, Rizal Sungkar, mengalami kendala ketika melakoni SS kelima babak Champ of the Champ. Mobil Mitsubishi Pajero Sport yang digunakannya terkena problem pada bagian gear box. Namun raihan gemilang yang didapat Rizal bersama co-driver Anthony Sarwono di kelas G5.4 selama empat SS tetap membawanya menjadi juara ketiga. [yog]

 

KEYWORD :

Rifat Sungkar Indonesia eXtreme Offroad Racing IXOR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :