Jum'at, 19/04/2024 07:02 WIB

Tragedi Muslim Rohingya, PKB: Pemerintah Harus Bersikap

PKB meminta pemerintahan Presiden Jokowi segera bersikap terkait peristiwa pembantaian terhadap masyarakat minoritas muslim Rohingya di Myanmar.

Ketua LPP PKB, Marwan Jafar

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta agar pemerintahan Presiden Jokowi segera bersikap terkait peristiwa pembantaian terhadap masyarakat minoritas muslim Rohingya di Myanmar.

Ketua DPP PKB Marwan Jafar mengatakan, ada beberapa langkah yang harus segera dilakukan pemerintah, yakni peran dan respon cepat pemerintah Indonesia sangat diperlukan.

"Presiden Jokowi tidak boleh lamban menyikapi masalah di Rohignya yang mirip tindakan genosida," kata Marwan, Jakarta, Sabtu (26/11).

Menurutnya, Indonesia yang menganut politik luar negeri bebas aktif dengan ikut serta dalam ketertiban dunia sebagaimana amanah UUD 1945, maka harus tegas menyikapi kasus Rohingya sebagai sebuah pelanggaran HAM berat.

"Dalam kacamata kemanusiaan dan yurisdiksi International Criminal Court, tingkat kekerasaan yang sistematis dan massif dalam tragedi Rohingya, udah memenuhi kategori sebagai kejahatan kemanusiaan genosida," tegasnya.

Diketahui, tragedi kemanusiaan kembali dialami muslim Rohingya di Myanmar. Muslim Rohingya makin terjepit dengan kebijakan pemerintah Myanmar. Di beberapa titik wilayah Rakhine, aksi militer Myanmar menyebakan ribuan rumah muslim diratakan hingga korban berjatuhan.

KEYWORD :

Tragedi Muslim Rohingya Marwan Jafar Pemerintah Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :