Kamis, 25/04/2024 16:10 WIB

Pelabuhan Patimban Menunggu Izin Pembangunan

Pelabuhan Patimban dinilai sebagai alternatif terbaik setelah rencana pembangunan pelabuhan di kawasan Cilamaya, Jawa Barat dibatalkan.

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyiapkan berbagai langkah untuk melancarkan pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Pelabuhan Patimban telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional, namun hingga kini pembangunannya belum juga berjalan alias masih maju mundur.

Pelabuhan Patimban dinilai sebagai alternatif terbaik setelah rencana pembangunan pelabuhan di kawasan Cilamaya, Jawa Barat dibatalkan. Pelabuhan tersebut nantinya akan dijadikan pelabuhan utama di wilayah Pantai Utara Jawa Barat, dan akan disulap menjadi pelabuhan ekspor-impor seperti Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Kami masih menunggu penyelesaian Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang ditargetkan selesai awal 2017. Kan izin Amdal ini kita susun bersama pihak Japan International Cooperation Agency (JICA)," ujar Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Mauritz H.M. Sibarani kepada wartawan di Jakarta, Selasa (22/11).

Untuk membangun pelabuhan ini, pemerintah akan mengambil pinjaman dari Pemerintah Jepang senilai USD1,7 miliar yang rencananya akan dicairkan medio Maret atau April 2017.


Ditanya soal izin pembangunan, Mauritz mengakui bahwa hingga saat ini masih menunggu keluarnya perizinan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). "Memang RTRW belum ditetapkan. Kitatunggu saja prosesnya," lanjut Mauritz.

Rencana pembangunan Pelabuhan Patimban sebenarnya tidak steril dari pro-kontra. Misalnya disampaikan Direktur Eksekutif National Maritime Institute ‎Siswanto Rusdi yang khawatir akan terjadi persaingan tak sehat antar pelabuhan, mengingat lokasi Pelabuhan Patimban berada di antara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Lagi pula, tiga pelabuhan ini sama-sama bergerak di bidang pelabuhan kontainer dan ada terminal untuk tujuan umum (general purpose terminal). Sangat mungkin akan terjadi perpecahan konsumen untuk tiga titik pelabuhan yang sejenis ini.

KEYWORD :

pelabuhan patimban subang tanjung priok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :