Sabtu, 20/04/2024 20:43 WIB

Angela Merkel

Keputusan Berat Membuka Pintu Jerman

Menurut jajak pendapat terbaru, bahwa jika pemilihan diadakan sekarang ini, maka Merkel akan kalah. Hal ini menyusul partai nasionalis Jerman (AFD) yang memenangkan banyak kursi di parlemen.

Protes massa anti pengungsi di Jerman.(foto:voa)

Begitu keputusan untuk membuka pintu Jerman bagi pengungsi dikumandangkan, sejumlah partai oposisi langsung melancarkan serangan ke pemerintahan Angela Merkel. Kanselir yang telah berkuasa selama tiga periode itu telah banyak menerima protes soal pengungsi. Niatnya maju kembali dalam pemilihan kanselir untuk keempatkalinya itu akan mendapat perlawanan kuat dari oposisi, dengan memainkan nasionalisme Jerman.

Sepanjang tahun 2015, Jerman di bawah Merkel membuat kebijakan untuk menampung sejuta pengungsi. Hal ini diakui sendiri dalam partainya, bahwa kebijakan tersebut membuat kalangan dalam partai was-was. Pasalnya tidak lain adalah terorisme yang bisa saja ikut menyusup diantara pengungsi yang banyak dari Timur Tengah, khususnya Suriah.

Di tengah-tengah kesulitan Uni Eropa yang mengalami krisis keuangan, Merkel berani membuka pintu Jerman dan memenuhi tanggungjawab kemanusiaan untuk memberikan perlindungan bagi para pengungsi. Merkel sendiri mengakui, bahwa mengurus pengungsi bukan hal mudah.

"Kita akan mengelola ini (para pengungsi yang masuk). Jika ada kendala maka kita harus bekerja keras untuk mengatasinya. Kita siap menunjukkan bahwa kita bisa melakukannya. Bagaimanapun ini adalah tanggungjawab kemanusiaan Jerman untuk menerima para pengungsi korban perang," ungkap Merkel dalam sebuah pidatonya untuk membuka Jerman bagi para pengungsi.

Meski begitu, menguatnya sayap kanan diakui Merkel sendiri akan menghambat kebijakan-kebijakan yang selama ini dibuatnya. Sebuah partai sayap kanan, telah banyak memenangkan kursi parlemen di parlemen federal. 11 dari 16 kursi telah diperolehnya, yang memungkinkan mereka membangun koalisi konvensional.

Menurut jajak pendapat terbaru, bahwa jika pemilihan diadakan sekarang ini, maka Merkel akan kalah. Hal ini menyusul partai nasionalis Jerman (AFD) yang memenangkan sepuluh persen lebih banyak ketimbang partainya Merkel, Uni Kristen Demokrat (CDU). Sementara dalam pemilihan di negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania pada awal tahun ini, CDU berada di posisi ketiga, satu strip di bawah AFD.[]

KEYWORD :

angela merkel maju pemilihan kanselir jerman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :