Jum'at, 26/04/2024 05:29 WIB

Mobil

Mercedes-Benz: Sering Pakai Solar di Bawah Standar, Garansi Hangus

Menggunakan solar di bawah standar diklaim Mercedes-Benz akan membuat mesin mobil cepat rusak. Dan jika ini terjadi garansi mobil tersebut akan hangus.

Mercedes-Benz V-Class / Yogi

Denpasar – Menggunakan bensin jenis solar di bawah standar diklaim Mercedes-Benz akan membuat mesin mobil cepat rusak. Dan jika ini terjadi maka garansi mobil tersebut akan hangus.

Menurut Yudi Lesmana, Departemen Manager Produk Management Mercedes Benz Distribution Indonesia, pemakaian BBM jenis solar di bawah standar bisa menyebabkan performa mobil menurun dan lambat laun bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin.

"Jika sengaja diisi jenis solar di bawah 500ppm, mesin bakal cepat rusak serta berkarat. Nanti ujung-ujungnya garansi mobil akan hangus," kata Yudi di Bali, baru-baru ini.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan, memang ada ketentuan khusus yang disarankan oleh perusahaan, yakni harus memiliki centane number minimal 48 ke atas dengan kualitas tinggi, di samping itu kandungan sulfur pun harus berada di atas 500ppm.

Misalnya seperti pada model Mercedes Benz V-Class bermesin diesel, yang telah mengusung mesin kompresi tinggi, di mana penunjang performa mobil, parameternya terletak pada pemakaian BBM.

Jika dalam keadaan darurat, kata Yudi, disarankan melakukan pengisian BBM secukupnya sampai dengan SPBU terdekat yang memiliki jenis solar yang direkomendasikan.

"Darurat tak masalah, asalkan bensin tidak diisi penuh. Dan nanti ketika sesampainya di SPBU yang menjual solar yang direkomendasikan misalnya seperti Pertamina Dex, baru langsung diisi full agar bensin yang sebelumnya terkuras kotorannya," ujarnya.

Sementara itu, soal garansi hangus, ungkap Yudi, akan dilakukan jika mesin mengalami kerusakan akibat bahan bakar yang dipakai tidak sesuai dengan mesin kendaraan.

"Pasti ketahuan, dari performa mesinnya pun akan terlihat beda. Kita telah pengalaman akan hal itu. Tapi beda ceritanya kalau dalam keadaan darurat,” pungkas Yudi. [yog]

 

 

KEYWORD :

Mercedes-Benz Sprinter V-Class MBI Solar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :